Selasa, 19 Juli 2011

NASIHAT 36

Dirikanlah Shalat Demi Anak-anak Anda


Sesungguhnya orang yang meninggalkan shalat akan berada dalam posisi yang serba salah di depan anak-anaknya. Hal itu bisa terjadi karena dia seharusnya memberikan nasihat kepada mereka dan mengarahkan mereka pada kebaikan. Lalu, apa yang akan mereka katakan tentang shalat jika ia sendiri tidak mengerjakan shalat?

Pada suatu saat nanti dia pasti akan mendapatkan pertanyaan dari anak-anaknya yang bisa membuatnya merasa tersinggung.

Pada suatu hari ketika seorang ayah meminta kepada anaknya yang masih kecil agar ia mau mengerjakan shalat. Maka sang anak kemudian bertanya kepada sang ayah, "Apakah engkau mengerjakan shalat pada saat engkau masih kecil, ayah?" Padahal, ayah tersebut pada masa kecilnya tidak pernah mengerjakan shalat. Lalu, apa yang musti ia katakan pada anaknya? Jika ia mengatakan dengan sejujurnya, maka sang anak akan balik berkata kepadanya, "Biarkan aku melakukakn seperti apa yang engkau lakukan." Dan jika ia berbohong, maka ia berarti manambahkan dosa baru dalam daftar hitam yang dimilikinya.

Semua orang yang berakal hendaknya memikirkan kondisi yang akan menimpanya dan apa yang akan terjadi pada dirinya dikemudian hari di dunia ini. Adapun untuk urusan akhirat, ia hendaknya lebih bijaksana lagi.

Seorang ayah hendaknya selalu mengerjakan shalat dan memerintahkan seluruh keluarganya agar mau mengikuti tindakannya. Allah Subhanahu wa Ta'ala telah berfirman,

"Dan perintahkanlah keluargamu untuk mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya." [QS. Thaahaa: 132]


WILS LOVER 19072011- 14.27 WIB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar