Senin, 11 Juli 2011

NASIHAT 11

Mengapa Anda Menyia-nyiakan Pahala Bersegera Pergi Menjalankan Shalat Jumat?


Salah satu keuntungan yang akan didapatkan oleh orang yang mau mengerjakan shalat adalah bersegera datang ke masjid untuk mengerjakan shalat Jumat; hal yang sungguh akan mampu melapangkan jiwa dan mendatangkan keridhaan Tuhan. Jadi, mengapa Anda menyia-nyiakan kesempatan tersebut? Atas dasar apa? Apa yang bakal bisa menggantikannya?


Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa ia pernah bercerita, "Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pernah bersabda,


"Barangsiapa mandi jinabat pada hari Jumat, kemudian datang ke masjid pertama kali, maka ia seolah-olah telah berkorban dengan onta. Barangsiapa datang pada saat-saat berikutnya, maka seolah-olah dia telah berkorban dengan sapi. Barangsiapa datang pada saat berikutnya lagi, maka ia seolah telah berkorban dengan domba yang bertanduk kuat-yang mengindikasikan sehat dan gemuknya domba tersebut. Barangsiapa datang pada saat-saat berikutnya lagi, maka ia seolah telah berkorban dengan telur. Dan jika sang imam telah beranjak untuk berkhutbah, maka malaikat pun akan datang untuk mendengarkan khutbahnya." [HR. Malik, Bukhari dan Muslim]


Pada hakikatnya, inti dari hadits tersebut adalah ajakan untuk berlomba-lomba datang ke masjid sedini mungkin. Jika seseorang semakin cepat datang ke masjid, maka akan bertambah pula pahala yang akan ia dapatkan. Jika demikian, apakah orang yang tidak mengerjakan shalat bisa ikut berlomba untuk mendapatkan keuntungan yang sangat besar tersebut?


Berapa banyak pahala dan kebaikan yang telah disia-siakan oleh orang yang meninggalkan shalat? Sesungguhnya, orang yang meninggalkan shalat dan menyia-nyiakan banyak hal, akan menyesal karenanya.


WILS LOVER 12072011- 12.10 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar